Transmisi i-Shift pada Mobil Honda

Baru kali ini saya menemui teknologi Transmisi I-Shift pada mobil Honda. Karena infonya transmisi tipe ini hanya digunakan honda untuk mobilnya yang ada di Eropa.

Berarti saya cukup beruntung ketemu teknologi I-shift di bengkel. Penampakannya seperti dibawah ini.

transmisi i-shift

Transmisi ini terpasang pada mobil Honda Civic yang sebenarnya di pasar Inggris. Agak puyeng juga untuk mendapatkan part-part yang di butuhkan.

Bagaimana Cara Kerja Transmisi I-Shift

Jika dilihat, untuk transmisi dan kopling sebenarnya tetap transmisi manual. Hanya saja untuk pengoperasian kopling dan perpindahan giginya menggunakan penggerak motor yang diatur oleh Transmission Control Module (TCM).

Untuk mengatur perpindahan TCM memerlukan beberapa informasi dari kecepatan kendaraan, pedal gas, pedal rem dan beberapa kondisi lain.

Jadi sebenarnya transmisi ini adalah tipe AMT atau Automate Manual Transmission yang sudah sempat kami bahas di sini.

Enaknya transmisi i-shift ternyata menyediakan 2 mode untuk pengoperasiannya yaitu mode otomatis dan juga mode manual. Jika pada mode manual, kita cukup menggeser posisi M dan kemudian untuk perpindahan cukup operasikan tuas ke + dan – saja.

Tetapi jika ingin mode auto, Geser tuas ke posisi A dan lihat indikator apakah sudah menunjukkan A. Dari sini cukup kita mainkan pedal gas saja, tidak perlu mikir pindah gigi.

Trouble Shooting dan Cara Menangani

Beberapa komponen pada i-shift tidak bisa diperbaiki, kemungkinan besar hanya disediakan part assy. Yang bisa kita pelihara adalah penggantian fluida. Fluida bisa diganti dengan minyak rem umumnya.

i-Shift Learning

Setelah nanti mengganti kopling, yang perlu dilakukan adalah learning atau penyesuaian langkah kopling. Tetapi infonya juga, TCM akan beradaptasi dengan gaya pengemudi. Jadi seiring berjalannya waktu, TCM akan menyimpan gaya pengemudian pemilik mobil.

Yang belum saya coba, apakah learning-nya semudah pada proton preve atau tidak. Dan apakah scanner umum bisa digunakan untuk melakukannya.

Salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !