5 Tipe Tenaga Penggerak Mobil. Bensin, Diesel, Hybrid….

Tipe tenaga penggerak mobil semakin beragam. Dulu mungkin kita hanya mengenal mesin bensin dan mesin diesel. Tetapi sekarang, kita sering mendengar penggerak Hybrid, Mobil Listrik dan Cell Hybrid.

1. Mobil dengan Mesin Bensin

Mobil tipe ini berjalan dengan mesin berbahan bakar bensin. Penemu awalnya adalah Nicolas August Otto. Makanya sering juga disebut mesin otto.

Umumnya mesin bensin menghasilkan tenaga tinggi dengan ukuran mesin yang lebih kecil.

Mesin yang sama, juga digunakan pada mesin CNG (Compressed Natural Gas) dan pada mesin LPG (Liquefied Petroleum Gas) seperti contoh diatas.

Contoh mobil diatas adalah Nissan X-Trail yang di modifikasi dengan bahan bakar CNG.

2. Mobil dengan Mesin Diesel.

Mobil tipe ini berjalan dengan mesin berbahan bakar solar. Penemu awalnya adalah Rudolf Diesel.

Mesin diesel banyak digunakan pada mobil truk ataupun SUV (Sport Utility Vehicle), karena mesin diesel mampu menghasilkan torsi yang besar dan bahan bakar lebih ekonomis.

Tetapi bukan berarti sedan tidak ada yang menggunakan mesin diesel lho ya. Karena di eropa banyak tipe sedan menggunakan mesin diesel.

3. Mobil Hybrid.

Tipe penggerak pada mobil Hybrid sebenarnya adalah kombinasi mesin bensin dan mesin dan penggerak listrik.

greenmotor.co.uk

Ketika mesin bensin bekerja, sekaligus digunakan untuk menghasilkan listrik untuk mengisi baterai. Ketika baterai sudah cukup, maka penggerak roda akan berganti otomatis dengan motor listrik.

Sebagai contoh, ketika jalan pelan, motor listrik bekerja tetapi ketika kecepatan ditambah mesin bensin akan bekerja

Sehingga emisi gas buang berkurang dan lebih ekonomis.

Contoh mobil hybrid yang ada di indonesia adalah Toyota Camry Hybrid.

4. Mobil Listrik

Mobil ini menggunakan tenaga baterai untuk mengoperasikan motor listrik. Dan baterai harus selalu diisi kembali. Dengan mobil Listrik, maka emisi gas buang nol dan tingkat kebisingan rendah selama pengoperasian.

tesla.com

5. Mobil Hybrid Cell

Pada mobil tipe ini, mobil digerakkan oleh tenaga listrik yang tercipta saat bahan bakar hidrogen bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk air.

Berikut ini adalah contoh mobil dari toyota

toyota

toyota

Kelima penggerak diatas adalah 5 tipe penggerak mobil yang akan kita hadapi sebagai montir kedepan. Jadilah bijak dan selalu belajar.

Salam Kunci

You may also like...

1 Response

  1. February 9, 2019

    […] Mesin merupakan bagian utama pada mobil yang fungsinya menghasilkan tenaga. Yang pastinya digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Umumnya pada mobil menggunakan mesin bensin dan diesel. Tetapi bisa saja dengan sumber tenaga yang lain, seperti yang kita sudah bahas pada artikel┬álima tipe tenaga penggerak mobil […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !