8 Penyebab Mesin Mobil Pincang Yang Harus Kita Cek Satu-Satu

Jika mesin mobil pincang, rasanya pasti tidak enak untuk di kendarai. Selain itu juga tenaga mesin juga jadi berkurang. Lantas apa penyebab mesin mobil pincang?

Untuk mencari penyebab mesin mobil pincang, kita harus kembali ke basic. Maksudnya inget-inget lagi tentang dasar teori mobil

Mesin bisa hidup dengan baik perlu tiga hal. Yaitu

  • Pengapian yang baik
  • Sistem campuran udara dan bahan bakar
  • Dan juga kompresi.

Tetapi ingat ya untuk mesin diesel tentu saja hanya perlu dua hal. Karena mesin diesel tidak menggunakan sistem pengapian.

Kembali ke kasus mesin mobil pincang dan dasar mesin. Jika salah satu silinder mengalami gangguan pada tiga hal diatas, maka akan menyebabkan pincang. Yuk kita bahas lebih detail

Busi mati bisa menyebabkan mesin pincang

penyebab mesin mobil pincang
kondisi busi yang berbeda bisa menyebabkan mesin pincang

Busi atau spark plug berfungsi untuk memercikan bunga api pada saat pembakaran. Dan merupakan komponen paling ujung dari sistem pengapian

Busi yang perfomanya mulai berkurang atau bahkan mati, bisa menjadi penyebab mesin pincang. Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir ganti busi?

Terkadang juga busi yang kotor karena kerak yang menumpuk bisa menyebabkan pincang. Inget ya listrik itu males lompat kalau hambatannya besar.

Yang sering kami jumpai juga, banyak orang berprinsip busi itu yang penting dratnya sama. Padahal itu prinsip yang salah. Setiap busi memiliki kode unik. Kita harus pahami itu, sehingga ga asal pasang busi.

Bahkan beberapa waktu lalu, saya jumpai salah satu mobil amerika yang saya kerjain, businya gado-gado (bukan gado-gado makanan ya). Tetapi merknya beda-beda.

Koil rusak juga bisa menjadi penyebab mesin pincang

penyebab mesin pincang dari koil

Koil atau ignition coil merupakan komponen yang berfungsi menaikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi. Yang nantinya dipercikkan oleh busi.

Sampai berapa naiknya?

Kalau jaman STM dulu diajarinya 5KV-20KV. Tetapi sekarang sering ketemu tegangan coil yang 3KV-10KV.

Kita ga bicara koil untuk pengapian konvensional ya. Yang masih satu coil melayani 4 busi. Karena pada mobil sekarang, setiap silinder memiliki masing-masing koil. Jika salah satunya rusak maka mesin akan menjadi pincang.

Injektor kotor bisa menyebabkan mesin pincang

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam saluran bahan bakar. Dan setiap silinder memiliki satu injektor.

Jika salah satu injektor mati ataupun kotor, bisa menyebabkan mesin pincang.

Terus harus diapain?

Periksa apakah injektornya masih bekerja. Untuk cara simple dan koboy bisa didengarkan bunyi cetik-cetik enga pada injektor. Dengan catatan injektornya pada posisi yang mudah dijangkau

Terus kalau injektor fungsi, coba bersihkan injektor terlebih dahulu. Ya mesti copot, kemudian dicuci.

Yang paling repot adalah kalau pengendali injektornya yang rusak. Itu bisa jadi kabel, bisa jadi ECU nya

Kompresi

Jika salah satu silinder mengalami masalah kompresi, pastinya bisa menyebabkan mesin pincang. Contohnya jika data tekanan kompresi sebagai berikut.

cek kompresi
  • Silinder 1 —- 10 bar
  • Silinder 2 —- 10 bar
  • Silinder 3 —- 10 bar
  • Silinder 4 —- 8 bar

Contoh diatas, silinder 4 mengalami penurunan kompresi. Tetapi penyebabnya bisa bermacam-macam

  • Ring piston aus, patah, menguncup dan macet
  • Piston baret
  • Dinding silinder baret
  • Katup bocor tipis

Itu contohnya

Kemungkinan penyebab lain bisa karena kebocoran udara pada intake manifold

Loh bocor udara bukannya bikin rpm naik ya?

Iya benar, hanya saja bocornya di sebelah mana? Jika bocor udara terjadi di salah satu manifold (bisa dari paking, bisa karena selang vakum lepas) maka bisa menyebabkan pincang.

Wiring Putus

Beberapa kali juga kami jumpai, wiring putus entah karena tikus atau juga karena hal lain. Yang repot adalah jika putus di dalam dengan kondisi kabel masih kelihatan utuh. Untuk memastikanya perlu pemikiran yang lebih dan kopi yang lebih banyak

ECU

ECU atau engine control unit ini adalah yang terakhir kita curigai. Karena sebelum kesini, sebaiknya kita melakukan pemeriksaan diatas.

Terkadang, salah satu chanel dari komponen ECU bermasalah. Tetapi tidak sering sih. Saya pribadi baru beberapa kali jumpai sampai ECU nya.

Mesin mobil pincang ketika di rem

Kalau ini ceritaan almarhum dosen saya waktu saya masih makan bangku sekolah. Kira-kira tahun 2002 beliau mengalami salah satu mobil yang beliau kerjakan pincang ketika direm

Wah apa hubungannya ya?

Ternyata ada.

Penyebabnya adalah dari booster. Karena perlu kita tahu bahwa booster mobil memanfaatkan vakum dari mesin. Dan di beberapa mobil selang vakumnya terhubung dengan manifold silinder 4.

Jika booster bocor, udara dari booster rem akan masuk ke dalam intake manifold. Intake manifold yang keempat akan kebanyakan udara.

Itu yang menyebabkan mesin mobil pincang

Sementara yang ada dipikiran saya tentang penyebab mesin pincang baru ada 8. Jika sobat monta ada tambahan, silahkan tinggalkan komentar.

Terima kasih

Salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !