Mengenal Fitur Anti-Merosot Hill Start Assist

Seiring persaingan yang semakin kompetitif, banyak merk mobil menambahkan teknologi baru pada mobil. Salah satu fitur yang kini cukup banyak di dengar adalah fitur Hill Start Assist (HSA). Tetapi ternyata beberapa merk memberikan nama berbeda, salah satunya Auto Hold Function pada VW.

Pada prinsipnya Hill Start Assit (HSA) atau Auto Hold Function berfungsi untuk mencegah mobil meluncur kebelakang pada saat di tanjakan ketika kita hendak melaju kembali.

Fitur ini membantu pengemudi lebih nyaman dan aman, terutama untuk mobil yang menggunakan transmisi manual. Jadi kita tidak perlu kuatir mobil mundur dulu ketika macet-macetan di tanjakan.

Coba bayangin juga kalau bus ataupun truk punya fitur ini, pasti kernetnya tidak perlu turun dengan mambawa ganjel balok.

Bagaimana Fitur ini Bekerja?

Sebenarnya Hill Start Assist (HSA) atau Auto Hold menyatu dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS). Atau boleh di bilang merupakan fitur tambahan dari ABS selain Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Traction Control dan Vehicle Stability Control. 

Untuk menambahkan fitur ini, perlu adanya sensor tambahan pada ABS yaitu sensor yang mendeteksi mobil dalam keadaan miring.

Jadi ketika mobil berhenti di tanjakkan, pengemudi akan menahan rem terus menerus. Dan ketika hendak berjalan, pastinya kaki kanan akan dipindahkan ke pedal gas. Ketika mendeteksi ini, maka tekanan rem pada roda-roda akan tetap ditahan sekitar 2-3 detik oleh sistem ABS. 

mycardoeswhat.org

mycardoeswhat.org

Pada mobil yang menggunakan transmisi manual, biasanya ditambahkan signal dari pedal kopling. Jadi jika posisi mobil miring, pedal kopling diinjak dan pedal rem dilepas maka hill start assist akan bekerja.

 

 

 

 

You may also like...

1 Response

  1. June 21, 2019

    […] Sistem HSA ini terjadi berkat kerja sama yang baik antara ECI dan ASC. Jadi ketika mobil di deteksi miring dan gas dilepas, maka rem akan diaktifkan oleh ASC. Jika ingin lebih jelas tentang fitur HSA anda bisa baca disini […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !