12 Lampu Indikator Pengingat pada Mobil dan Tips Agar Tidak Panik

Setiap mobil pasti dilengkapi dengan lampu indikator pengingat yang terdapat pada meter kombinasi pada dashboard.

Lampu indikator ini merupakan informasi awal apabila terjadi permasalahan mobil atau malfungsi pada sistem kendaraan. Dan jika diabaikan dapat menyebabkan keselamatan dan kenyamanan berkendara terganggu.

Cara Kerja Indikator Pengingat pada Mobil

Secara umum lampu indikator pengingat pada mobil akan menyala ketika kunci kontak pada posisi ON, kemudian beberapa lampu akan padam setelah tiga detik contohnya lampu Airbag. Kemudian setelah mesin di start, lampu indikator akan mati.

Jika terdapat masalah pada sistem di kendaraan, maka lampu indikator akan tetap menyala atau berkedip setelah mobil di start atau setelah mobil dijalankan. Jika ada lampu indikator mobil ada yang menyala, segera hubungi bengkel langgangan anda.

Lha kalau montir?

Jika sobat adalah montir, segera cari tahu sistem apa yang bermasalah dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan scanner mobil jika berhubungan dengan sistem modern pada kendaraan atau dengan alat lainnya.

Arti Lampu Indikator pada Mobil


Lampu Indikator Baterai

Jika lampu indikator baterai menyala ketika mobil hidup, artinya sistem pengisian pada mobil tidak bekerja. Bagi pemilik mobil jangan nekat untuk membawa mobil bepergian karena bisa mogok dijalan.

Tetapi anda bisa mengecek kondisi mobil dari yang ringan-ringan dulu, contohnya kekencangan terminal baterai, apakah belt alternator tidak putus atau selip. Selebihnya memang harus bawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.


Lampu Indikator Tekanan Oli

Jika lampu indikator tekanan oli menyala ketika mobil hidup, kita harus hati-hati. Bisa jadi mobil anda kekurangan oli atau tekanan oli bermasalah. Lebih baik cek terlebih dahulu kapasitas oli dan segera hubungi bengkel.

Jika lampu indikator tekanan oli menyala dan tetap dikendarai, komponen mesin menjadi aus dan parahnya harus turun mesin dengan biaya yang lebih besar.


Lampu Indikator Temperatur Mesin

Lampu indikator temperatur mesin ini menunjukkan bahwa sistem pendinginan tidak berjalan dengan baik. Jika menyala atau di beberapa mobil menyala berwarna merah artinya mobil overheat dan sebaiknya segera menepi dan matikan mesin.

Jika lampu indikator temperatur mesin menyala dan tetap dikendarai, mesin semakin panas dan mobil mogok. Ketika sudah mogok, pastinya harus turun mesin dan mengeluarkan biaya lebih besar.


Lampu Indikator Mesin atau Check Engine

Lampu indikator bergambar mesin atau check engine sering disebut juga Malfunction Indicator Light (MIL). Jika lampu MIL menyala menandakan terdapat permasalah pada sistem kelistrikan mesin. Pada beberapa kerusakan, akan disertai beberapa pembatasan (mode darurat) atau bahkan mesin mati.

Untuk kasus MIL menyala, kita harus memeriksa dengan scanner mobil dibengkel untuk mendapatkan kode kerusakannya atau Diagnostic Trouble Code (DTC). Apa itu DTC ? Silahkan baca pada artikel berikut.


Lampu Indikator Airbag

Airbag adalah alat keselamatan ketika mobil terjadi kecelakaan. Airbag akan mengembang jika terjadi kecelakaan pada benturan tertentu. Lampu Indikator Airbag akan menyala jika terdapat kerusakan pada sistem. Lampu airbag akan menyala ketika kunci kontak on dan sekitar 3 detik kemudian akan mati.

Jika lampu airbag menyala, kita harus periksa dengan scanner mobil di bengkel.


Lampu indikator Anti-lock Brake System (ABS)

ABS atau Anti-lock Brake System merupakan fitur keamanan yang aktif berfungsi untuk mencegah roda mengunci pada saat mobil di rem mendadak.
Jika lampu ABS menyala artinya sistem ABS tidak bekerja. Sistem rem hanya bekerja seperti rem tanpa ABS. Untuk mengetahui problem kerusakannya, kita mesti akses dengan scanner mobil


Lampu indikator Elektronic Power Steering (EPS)

Pada beberapa tipe mobil, menggunakan tipe kemudi electronic power steering (EPS). Jadi powes steering bekerja dengan bantuan motor listrik.
Jika lampu EPS menyala, kemudi menjadi berat dan kenyamanan berkurang. Untuk mengetahuinya kita harus menggunakan scanner mobil


Lampu Indikator Bahan Bakar

Lampu indikator bahan bakar menunjukkan bahan bakar tinggal sedikit. Segera cari tempat pengisian bahan bakar terdekat agar tidak kehabisan.


Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Lampu indikator sabuk pengaman mengingatkan kita untuk menggunakan sabuk pengaman. Jangan di abaikan, demi keselamatan berkendara.


Lampu indikator pada mobil modern

Lampu indikator diatas cukup umum terdapat pada mobil, tetapi pada mobil modern terutama pabrikan eropa, memiliki lebih banyak sistem. Dibawah ini adalah daftar lampu indikator yang kedepan akan banyak ditemui pada mobil modern.

Lampu Indikator Tekanan Ban atau Tire Pressure Monitoring Sensor (TPMS)

Lampu indikator ini menunjukkan tekanan angin ban kurang. Jadi silahkan pompa ban mobil anda sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Jika sudah dipompa ternyata masih menyala, mungkin terdapat kerusakan pada sistem di mobil.


Lampu indikator Electronic Stability Program (ESP)

ESP atau electronic Stability Program adalah pengembangan dari sistem rem ABS. Dengan ESP mobil mampu dikendalikan ketika kita melewati jalan licin atau menghindari benda di depan. Dan juga memperkecil resiko oversteer dan understeer.

Jika lampu ESP menyala, sebaiknya bawa mobil anda ke bengkel. Dikarenakan perlu alat scanner mobil yang mampu membaca kerusakan pada sistem ESP. Pada beberapa mobil, permasalahan pada ESP bisa disertai dengan lampu check engine menyala juga.


Lampu indikator Elektro-mechanical Parking Brake

Jika mobil terdapat lampu indikator ini, menandakan rem parkir menggunakan electro-mechanical parking brake (EPB) yang digerakkan oleh motor.

Jika indikator masih menyala, artinya rem parkir masih aktif. Dan release dengan menekan tombol sebelum berkendara


Ditunggu kelanjutannya

salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !