Waspada ! Jika 9 Lampu Indikator Mobil Avanza ini Menyala

lampu indikator mobil avanza menyala

Kita mesti waspada jika lampu indikator mobil avanza menyala. Karena mungkin terjadi sesuatu pada mobil avanza kita.

Sebagai montir dan pengguna mobil avanza kami ingin berbagi tips jika sobat monta menemukan lampu indikatornya ada yang menyala. Karena jika kita tidak peduli, akibatnya bisa merembet.

Ga mau kan keluar biaya besar hanya karena ketidak tahuan kita.

Tapi karena saya sudah ganti ke mobil avanza 2017 maka yang kami bahas sementara untuk mobil ini. Biar enak, kami bagi dengan tingkat urgen atau tidaknya

Jika 9 lampu Indikator mobil avanza ini menyala, sebaiknya segera ke bengkel

Paling tidak ada 9 lampu indikator yang harus mendapat perhatian khusus jika menyala. Dan sebaiknya segera dibawa ke bengkel yang paham atau bengkel langganan anda.

Lampu peringatan sistem pengereman

Jika lampu peringatan sistem pengereman menyala, segera minggir ditempat yang aman dan hubungi bengkel. Coba cek daftar bengkel yang kami punya di sekitar anda

Tapi boleh juga, anda intip terlebih dahulu, jangan-jangan minyak remnya berkurang. Ingat lho ya, kalau kurangnya banyak artinya ada bocor. Mendingan segera tangani.

Lampu peringatan sistem pengisian

Jika lampu gambar baterai merah ini menyala, artinya ada masalah pada sistem pengisian. Sebaiknya segera minggir dan hubungi bengkel.

Kalau mau periksa sih bisa-bisa aja. Yang paling simple adalah cek V-belt, jangan-jangan putus. Kalau selain itu ya ga bisa tanpa alat.

Kalau untuk montir, pastikan pakai Multimeter atau pakai battery tester. Biar lebih akurat. Jangan coba-coba lagi cabut negatif baterai pada saat mesin hidup lho ya. Karena ini kebiasaan lama yang tidak boleh kita lakukan lagi.

Lampu peringatan tekanan oli mesin rendah

Wah kalau ini urgent juga. Mendingan buru-buru minggir, cari tempat aman dan matiin mesin. Soalnya olinya ga naik.

Beberapa kasus yang kami jumpai. Beberapa pengemudi ga tahu artinya lampu ini. Makanya mobil dijalanin terus. Akibatnya ya mesin mogok di jalan dan pastinya kalau sudah mogok sudah parah sekali

Mesti turun mesin dengan biaya yang ga sedikit.

Lampu indikator temperatur mesin tinggi

Wah ini tanda-tanda overheat. Mendingan buru-buru minggir, cari tempat aman dan matiin mesin. Jangan tunggu sampai mogok. Nanti biayanya makin bengkak.

Tunggu agak dingin

Buka kap motor, pasang tanda bahaya. Buka tutup radiator satu step dan diamkan. Jika tekanannya sudah turun, baru buka tutup radiatornya. Mendingan jangan juga deh buka pas panas, kuatir nyembur.

Kalau dah dingin tambah air dulu.

Kalau udah bocor parah ya percuma, mendingan telp bengkel untuk ditarik dan dibantu. Semoga ga parah ya.

Eh bisa jadi karena fannya ga jalan lho ya. Belum tentu bocor. Jadi testnya tunggu dingin, hidupin mesin dan AC, kipasnya nyala atau tidak

Lampu cek engine menyala

lampu indikator mesin mobil menyala

Jika lampu indikator cek engine menyala artinya kelistrikan mesin ada masalah. Dan kemungkinan masalahnya ada cukup banyak. Agar tahu, kita perlu menggunakan scan tool atau scanner mobil.

Dari hasil pembacaan scanner mobil, baru deh bengkel atau montir bisa lebih terarah mencari kerusakan. Bisa jadi dari kontrol elektroniknya, bisa juga dari kontrol emisinya.

Lampu SRS atau airbag menyala

Lampu SRS menyala menunjukkan terjadinya masalah pada sistem SRS. Selain karena kecelakaan, bisa jadi karena ada yang lepas-lepas soket.

SRS pada toyota avanza ini tidak hanya mengatur airbag pengemudi dan penumpang, tetapi juga sabuk pengaman.

Jika lampu menyala, silahkan hubungi mekanik atau bengkel yang paham. Karena penanganan air bag perlu memperhatikan keselamatan dan keamanan.

Lampu peringatan ABS

Belum semua avanza dilengkapi ABS. Untuk yang sudah dilengkapi ABS, perhatikan apakah lampu ABS menyala ketika anda jalan. Jika iya, kemungkinan ada masalah pada sistem ABS.

Konsultasikan dengan bengkel langganan anda. Karena perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lampu peringatan EPS

lampu indikator eps mobil menyala

EPS ini adalah electrical power steering. Jika lampu menyala, perhatikan dulu warnanya apa?

Jika warna kuning, artinya tegangan pada EPS sedang drop. Atau panas power steering berlebihan. Yang harus sobat monta lakukan adalah berhenti dulu mengoperasikan steer sampai lampu padam.

Jika lampu peringatan tidak padam, maka mesti dibawa ke bengkel.

Jika lampu berwarna merah artinya EPS benar-benar bermasalah. Bawa ke bengkel kepercayaan anda atau lihat di menu ini

Lampu peringatan AT

Jika mobil avanza sobat monta pakai transmisi matic, perhatikan lampu bertuliskan AT. Jika menyala, kemungkinan matic anda bermasalah.

Harus segera diperiksa lho.

Selain lampu peringatan diatas, terdapat beberapa lampu indikator lagi. Yang kami rasa tidak perlu kami terangkan lagi. Jika perlu bantuan, beberapa daftar bengkel berikut ini mungkin bisa membantu

Salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !