4 Jenis Aki Yang Umum Digunakan Pada Mobil

jenis aki mobil

Aki mobil saya mahal banget… Mungkin itu keluhan yang sering kita jumpai di bengkel. Banyak yang menganggap jenis aki mobil hanya kering dan basah. Dan banyak yang beranggapan aki MF adalah aki kering. Ada baiknya untuk teman-teman montir mempelajari jenis-jenis aki mobil agar lebih tahu dari pelanggan.

Terkadang juga ada permintaan pelanggan untuk ganti aki mobil yang lebih murah tanpa memperhatikan tuntutan aki mobil modern.

Teknologi mobil yang makin modern membuat komponen kelistrikan yang makin kompleks. Hal ini juga memaksa pabrikan aki mobil mengikutinya. Tuntutan agar aki mobil sanggup menanggung beban kelistrikan dan menyimpan tegangan dengan baik makin berat.

Contoh realnya, pada aki mobil eropa tegangan minimum adalah sekitar 12,3 V. Jika di dibawah itu, maka mobil akan menampilkan pesan tentang baterai. Jadi aki mobil pada mobil eropa yang masih bagus bisa menunjukkan tegangan lebih dari 13 V

Tetapi tidak semua aki ya.

Oleh karena itu, mari kita kenali 4 jenis aki yang umum di pakai pada mobil

Aki Mobil Jenis Basah/ Wet Battery

pemeriksaan aki sebelum mudik

Aki mobil jenis basah atau bahasa kerennya wet battery masih banyak digunakan. Karena aki mobil tipe ini memang paling ekonomis.

Hanya saja jika anda menggunakan aki basah, anda harus lebih sering cek kapasitas air akinya, supaya aki jangan kehabisan air dan menjadi soak. Jika airnya kurang, segera tambahkan sampai batas atasnya (upper).

Tetapi ingat ya, kapasitas air aki yang pas tidak menjamin kondisi aki baik. Untuk memastikan kita bisa menggunakan baterai tester.

Jika aki basah dilengkapi dengan magic eye, maka kita bisa intip saja dari indikatornya. Tetapi jika tidak, kita mesti cek dengan hidrometer.

Jadi yang mesti kita tahu pada aki basah adalah

  • Plug bisa di buka
  • Air aki dapat ditambah
  • Berat jenis aki bisa di cek pada masing-masing sel aki
  • Terkadang dilengkapi magic eye

Aki Mobil Jenis MF (Maintenance Free)

aki mf bosch

Banyak yang menyebutnya aki kering. Tetapi lebih tepat sebenarnya aki MF saja atau maintenance free.

Tipe MF ini kami kenal di tipe GS. Tetapi untuk merk lain seperti Varta, mereka menyebutnya VRLA (Valve Regulated Lead Acid Battery)

Pada prinsipnya baik MF ataupun VRLA, memiliki ventilasi yang baik sehingga uap hidrogen akan mencair kembali dan kembali ke dalam aki. Tetapi kami lihat masih menyediakan selang ventilasi.

Untuk harga memang relatif lebih mahal, tetapi Anda akan merasa lebih aman dan tidak perlu repot untuk menambah air aki.

Ciri-ciri aki tipe VRLA adalah

  • Dilengkapi magic eye pada salah satu sel
  • Plug pada masing-masing sel tidak bisa dibuka
  • Jika air aki habis, mesti ganti

AGM

Baterai tipe AGM ini sering kami jumpai pada mobil-mobil eropa. Dan harganya memang relatif mahal. Didalam baterai ini ditambahkan komponen semacam serat pemisah untuk mencegah cairan baterai tumpah. Itu kenapa dinamakan Absorbed Glass Mate

Di bengkel, kami sering mengilustrasikan seperti korek aki-aki jaman dulu. Yang memakai kapas dan bensin sebagai bahan bakarnya. Tetapi memang cukup susah untuk teman-teman yang belum mengalami dijaman itu.

Fakta tentang aki AGM adalah

  • Tidak terdapat magic eye
  • Tidak boleh dibuka
  • Sering juga disebut aki VRLA
  • Umumnya dipasang pada mobil dengan teknologi start stop

Aki tipe Gel

Dari namanya, memang cairan baterai dibuat seperti gel yang kental. Sehingga kemungkinan untuk tumpah kecil. Saat ini kami belum menemukan penerapannya di mobil

Fakta tentang aki gel

  • Tidak terdapat magic eye
  • Tidak boleh dibuka
  • Electrolit berbentuk gel
  • Terkadang juga diklasifikasikan sebagai VRLA

Mungkin diatas adalah sepenggal pengetahuan tentang aki. Jika kedepan kami menjumpai tipe aki lain, kami akan menambahkan disini

Salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !