Fault Code P0793 OBD-II : Intermediate Shaft Speed Sensor Circuit No Signal

Apa yang harus dilakukan jika montir pintar menemukan kasus dengan Fault Code P0793 : Intermediate Shaft Speed Sensor Circuit No Signal ? Kemungkinan kerusakan pada kode kesalahan Hal ini dikarenakan adanya kesalahan signal yang dikirim ke Power Control Unit (PCM) dari pengukur kecepatan poros tengah transmisi. Kemungkinan kerusakan jika ditemukan kode kesalahan diatas cukup banyak dan sebagai montir, kita perlu observasi lebih lanjut.

Pengertian Kode Kesalahan / Fault Code P0789

P0789 dikarenakan adanya kesalaham signal yang dikirim ke Power Control Unit (PCM) dari pengukur kecepatan poros tengah transmisi. Jika terjadi kesalahan ini, lampu check engine kemungkinan akan menyala, dan perpindahan gigi transmisi otomatis akan nyentak.

Jadi apa maksud Fault Code P0793

Saat transmisi otomatis pindah gigi, kecepatan seharusnya bertambah secara bertahap sampai pada perpindahan gigi selanjutnya. Jika kenaikan kecepatan terganggu maka kode kesalahan P0793 akan muncul. Dan biasanya ditandai dengan lampu check engine menyala.

Apa penyebab Fault Code P0793

Kerusakan dari kode ini bisa jadi disebabkan karena masalah pada sensor kecepatan output transmisi. Tetapi bisa saja dari gangguan kabel-kabel sensor tersebut.

Bisa juga kerusakan terjadi pada selenoid perpindahan, oli transmisi yang kotor, valve body rusak dan kemungkinan kerusakan terakhir adalah PCM rusak.

Apa yang harus montir pintar lakukan jika menghadapi Fault Code ini ?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek oli transmisi apakah cukup dan tidak kotor. Jangan beranggapan bahwa ATF sudah bersih, tetapi harus cek dan ambil sampel.

Langkah kedua adalah bersihkan masing-masing soket pada sensor yang ada di transmisi. Pastikan tidak ada karat dan pemasangan sensor tepat pada tempatnya.

Langkah ketiga, gunakan scan tools untuk melihat data stream, dan cari data referensi yang benar.

Langkah keempat, jika ada yang aneh dengan data stream yang ditampilkan, periksa kabel-kabel apakah ada short ataupun kabel yang putus.

Kemungkinan terakhir jika ke empat hal diatas baik, kita mesti bongkar Transmisi otomatis untuk melihat apakah ada problem mekanis yang menyebabkan speed sensor bermasalah, dan yang terakhir adalah PCM.

Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, anda bisa hubungi bengkel jaringan berikut ini.

You may also like...

2 Responses

  1. Dhodit says:

    Bang…gmn cara nya bisa ikut training online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !