Kenali Tanda Fan Belt atau V-Belt Mobil Harus di Ganti

fan belt atau v-belt mobil

Fan belt atau V-belt mobil berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari poros engkol. Umumnya yang diputar oleh v-belt adalah alternator, kipas atau fan yang biasanya menyatu ama water pump, kompressor AC, kompressor supercharge.

Jadi bisa kebayang kan kalau putus di jalan. Misal lagi di tol atau lagi macet-macetan di jalan.

Jadi mendingan sering di cek dan kenali tanda-tanda fan belt minta ganti

Fan belt atau V-Belt Mobil bunyi

Jika sobat monta hidupin mobil dan mendengar suara berdecit bisa jadi itu suara belt. Boleh dibilang suaranya mirip tikus berdecit.

Mungkin fan beltnya udah mulai mulur, atau memanjang. Mobil sekarang umunya sudah pakai tensioner. Jadi kalau nekennya udah full, ga bisa bikin belt tegang lagi.

Kalau jaman dulu, kita masih bisa stel-stel. Tapi kalau sekarang ya ganti.

Eh tapi bunyi belum tentu mulur lho ya. Bisa jadi beltnya kering. Kalau di bengkel kami sedia semproyan khusus belt berdecit. Asal bukan karena kendor lho ya.

Apa efeknya kalau dibiarin?

Efeknya ya v-belt jadi lebih panas karena selip. Ntar bau gosong lho. Cek dulu gih.

Fan belt mobil retak-retak.

Ini nih yang sering dilewatkan. Kalau udah putus harus gimana?

Repot kan.

Biasanya ada beberapa bengkel yang menerapkan pemeriksaan fan belt secara rutin setiap berkunjung. Itu aja kadang masih bisa terjadi fan belt putus di jalan.

Kebayang engga sih, pas jalan asik-asik ama gebetan, AC tiba-tiba panas, mesin tiba-tiba overheat, dan lampu aki menyala.

Wah bisa batal acara.

Beberapa kali kami alami hanya karena belt putus mobil harus di towing ke bengkel. Kan kadang yang punya ga tau mobil mogok kenapa.

Kira-kira yang kita rasain apa sih kalau belt putus?

Akibat paling buruk overheat karena fan belt putus

Kalau mobil overheat gara-gara belt itu lebih cilaka lho sobat monta. Bisa merembet kemana-mana. Karena kalau dah terlanjur overheat blok bisa melengkung.

Ingat ya ga semua pengemudi memperhatikan lampu indikator. Jadi kemungkinan mereka ga tahu apa yang terjadi pada mobil

Loh ko bisa overheat?

Karena kebanyakan mobil pompa air sistem pendinginan mesin diputar oleh v-belt ini. Jadi kalau putus kan ga muter. Dan juga beberapa mobil kipasnya diputar oleh belt ini. Kalau ga ada yang kipasin radiator kan jadinya panas.

AC panas

Karena kompresor tidak berputar maka AC juga ga kerja lho. Hasilnya AC panas. Dan keringetan deh

Power Steering Berat

Pas nyetir berat banget. Karena pompa power steering diputer ama belt. Nah untuk mobil yang memakai eps biasanya indikator jadi nyala kuning. Lama-lama jadi merah.

Kelistrikan dimatikan

Yang repot ini juga sobat monta. Jika kita paksain jalan, baterai akan dikuras habis dan lama-lama mobil mogok. Dan pas mau starter udah ga kuat lagi.

Jadi mendingan ganti atau gimana?

Ya pastinya mendingan segera ganti. Apalagi udah ketahuan retak-retak.

Emangnya kalau retak bisa langsung putus, kuat berapa lama?

Susah di bilang juga kapan putusnya. Bisa jadi baru lima langkah dari rumah udah putus. Bisa juga dipakai seminggu juga ga papa. Jadi kembali lagi pilihan sobat monta.

Berapa sih harga v-belt atau fan belt mobil?

Harganya memang bervariasi. Tapi dari pada putus dijalan pasti biayanya lebih. Udah gitu jauh dari bengkel langganan. Mungkin bisa hubungi bengkel lain di sekitar anda. Ini lho daftarnya

Salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !