DTC P0036 OBD-II : Heater Oxygen Sensor Control (HO2S) Circuit (Bank 1, Sensor 2)

Fault Code DTC P0036

Apa yang harus montir pintar lakukan jika menghadapi fault code atau DTC P0036 : Heater Oxygen Sensor Control (HO2S) Circuit (Bank 1, Sensor 2) ?

Sebelumnya kita harus identifikasi yang mana oksigen sensor bank 1 sensorn 2, terutama jika kita menghadapai mesin jenis V.

Jika mesin V, bank 1 adalah sisi silinder yang memiliki silinder 1, terkadang yang saya jumpai bank 1 adalah silinder 1-2-3 sedangkan bank 2 adalah silinder 4-5-6.

Bagaimana jika mesin inline 4 silinder ?

Artinya bank 1 sensor 2 adalah sensor yang berada dibelakang catalitic converter.

Pengertian kode kesalahan / DTC P0036

P0036 artinya sensor membaca campuran bahan bakar dan udara tidak tepat. Agar mesin bisa beroperasi dengan baik, mesin harus memiliki campuran yang tepat, idealnya adalah 14,7 : 1. Hal ini dibaca oleh oxygen sensor (HO2S) melalui jumlah sisa oksigen yang keluar dari gas buang.

ECU akan menghitung koreksi bahan bakar dari hasil pembacaan sensor oksigen. Pada saat temperatur mesin masih dingin, sensor oksigen akan dipanasi oleh heater agar cepat bekerja membaca gas buang.

Apa kemungkinan penyebab DTC P0036 ?

Jika kode sudah dicatat dan dihapus. Jika lampu cek engine menyala kembali dengan DTC yang sama, ada kemungkinan karena pemanas pada sensor oksigen rusak atau bisa juga karena kabel putus.

Walaupun bisa juga ECM rusak, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Gejala yang Timbul Karena P0036

Jika pemanas sensor oksigen tidak bekerja, maka sensor oksigen tidak bekerja dengan baik dan ditandai dengan lampu cek engin nyala. Umumnya 3-5 menit awal mesin hidup. Jika cek engin nyala kemungkinan akan masuk mode aman (fail safe), tergantung dari pabrikan mobil

Apa yang harus montir pintar lakukan?

Langkah yang pertama adalah coba hapus DTC dengan scanner mobil. Coba nyalakan mobil apakah DTC muncul kembali. Jika muncul kembali lakukan langkah selanjutnya

Langkah kedua periksa apakah tahanan pemanas oksigen sensor masih baik. Umumnya terdapat 4 pin pada oksigen sensor tipe ini. Cabut soket dan cek tahanan pemanas dengan Multimeter. Untuk spesifikasi dan pin harus melihat manual dari masing-masing pabrikan. Jika tahanan bagus lanjut ke langkah selanjutnya

Langkah ketiga, periksa apakah tegangan pada kabel heater terdapat tegangan 12 V dari ECM. Jika tidak ada ukur koneksi kabel dari ECM.

You may also like...

1 Response

  1. I like the helpful information you provide for your articles.
    I’ll bookmark your blog and take a look at once more here regularly.
    I’m somewhat sure I’ll be informed many new stuff right right here!
    Good luck for the next!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !