Dasar Mesin Bensin 4 Langkah EFI dan Direct Injection

Halo montir pintar, kali ini kami ingin membahas mesin bensin 4 (empat) langkah pada EFI (Electronic Fuel Injection) dan sistem bahan bakar injeksi langsung atau GDI (Gasoline Direct Injection). Tetapi jika montir pintar sudah yakin bisa dengan materi kali ini, silahkan langsung menuju kuis ya bro.

Sebelum kita membahas tentang mesin bensin 4 langkah EFI dan (Gasoline Direct Injection) GDI, coba pikirkan pertanyaan saya berikut ini.

Apakah montir pintar tahu, sebenarnya kalau kita macet-macetan dijalan dan rpm mobil menunjukkan 1000 rpm, sebetulnya mesin melakukan berapa kali usaha?

Untuk bisa menjawabnya, coba lihat catatan saya dibawah ini.

Pada mesin 4 Langkah untuk 1 siklus pembakaran yang menghasilkan usaha memerlukan empat kali langkah piston bolak-balik atau dua kali putaran poros engkol atau sama dengan 720 derajat.

Jadi jawabanya adalah 500 kali usaha per-menit untuk putaran mesin 1000 rpm.

Untuk lebih mendalami, mari kita pelajari lebih detail.


Kerja Mesin Bensin 4 Langkah EFI dan GDI

1. Langkah Hisap

Secara teori, langkah hisap dimulai dari Titik Mati Atas (TMA) dan katup hisap terbuka dan katup buang tertutup.

Piston akan bergerak kebawah sehingga campuran udara dan bahan bakar terhisap kedalam silinder melalui katup masuk.

Pada mesin Gasoline Direct Injection (GDI) pada mode ultra-lean (sangat kurus) hanya udara saja yang masuk ke dalam silinder. Jadi pada GDI ketika masuk mode ultra-lean, langkah hisapnya mirip dengan mesin diesel.

Jika ada mode ultra-lean, maka ada mode lain?

Jika meminjam istilah teknologi pabrik VW, Sistem bahan bakar injeksi langsung mempunyai mode homogenous. Kalau untuk ini pada langkah hisap, bahan bakar juga disemprotkan langsung ke dalam silinder

2. Langkah Kompresi

Pada langkah kompresi, posisi katup hisap dan katup buang tertutup. Piston bergerak dari TMB menuju ke TMA sehingga campuran udara dan bahan bakar akan di tekan didalam silinder.

Beberapa derajat sebelum TMA, busi akan memercikan api dan membakar campuran udara dan bahan bakar. Sehingga menghasilkan tenaga.

Pada mesin bensin dengan sistem bahan bakar injeksi langsung (GDI), jika masuk pada mode ultra-lean, maka yang di kompresi-kan hanya udara saja. Dan sebelum terjadi pengapian, bahan bakar akan di semprot-kan kedalam silinder dan diarahkan ke pusat api busi seperti dibawah ini.

coutersy youtube
coutersy : youtube —– mode ultra-lean.

 

3. Langkah Usaha

Pada langkah usaha, untuk EFI dan GDI sampai saat ini masih sama, posisi katup hisap dan katup buang masih tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB karena dorongan dari hasil pembakaran.

 

4. Langkah Buang

Pada langkah buang, katup buang terbuka dan katup hisap tertutup. Piston bergerak dari TMB ke TMA.

Sisa gas hasil pembakaran akan keluar dari dalam silinder.

Langkah diatas, terjadi berulang-ulang pada setiap silinder. Jadi untuk menghasilkan 1 kali usaha maka diperlukan 2 kali putaran poros engkol dan 4 langkah piston bolak balik.

Cara Kerja Mesin 4 Langkah pada mobil 4 Silinder

Sebagian dari montir pintar mungkin belum tahu, jika silinder 1 sedang melakukan langkah hisap, maka silinder yang lain sedang apa ya?

Itu perlunya untuk kita mempelajari tentang Firing Order (FO).

FO atau Firing order adalah urutan pembakaran. Secara umum untuk mesin 4 silinder, firing ordernya adalah 1-3-4-2 walaupun ada juga dengan urutan lain. Jadi setelah silinder 1 terjadi pembakaran, selanjutnya silinder 3 akan melakukan pembakaran.

Jadi maksudnya adalah ketika silinder 1 sedang melakukan langkah hisap, maka silinder 3 sedang melakukan langkah buang, karena selanjutnya adalah langkah hisap.

Dan untuk silinder 4 sedang melakukan langkah usaha. Sedangkan untuk silinder 2 sedang melakukan langkah kompresi. Jika digambarkan seperti dibawah ini.

Source : youtube

Bagaimana montir pintar, apakah sudah ada ide untuk urutan pembakaran?

Hal ini perlu kita pahami agar ketika kita perlu menyetel katup, atau sedang mengganti timing belt, agar montir pintar tidak salah dalam melakukan pemasangan.

Untuk lebih mengukur pengetahuan montir pintar, mari kita kerjakan soal pada link berikut ini

Salam kunci

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering-sering mampir ya bro !